Minggu, 07 Juni 2015

KKR ANAK SE KOTA PATI dan SEMINAR GURU SEKOLAH MINGGU DI GKMI EBENHAEZER


GENERASI KEMULIAAN
 
“Tercipta mulia bagi kemuliaan-Nya” (Yesaya 43:3,7) inilah ide dasar yang di usung oleh Komisi Anak “Sangkakala” GKMI Surabaya cabang Ebenhaezer – Pati di kala menggelar acara akbar “Kebaktian Kebangunan Rohani Anak” bagi anak-anak Sekolah Minggu gereja-gereja se-kota Pati. Acara “Pesta Rohani” yang diadakan pada hari Jumat, 27 Juli 2012, Pk.15.00 ini mengambil thema “The Generation of The Glory” (Generasi Kemuliaan), dan mengambil lokasi di halaman GKMI Ebenhaezer yang cukup luas dan aman. Panggung PBR (Pondok Bambu Remaja) Militia Christy di sulap dengan tata dekorasi yang menarik, lengkap dengan sound system dan perangkat band lengkap, berhadapan dengan ratusan anak dan guru yang duduk lesehan dengan tertib di bawah tratak yang terbuka.
 Acara yang cukup langka di adakan di kota Pati ini merupakan kali yang ke – dua setelah 2 tahun yang lalu juga di adakan Kebaktian gabungan Anak – anak dalam rangka Paskah Bersama yang diselenggarakan oleh gereja-gereja di kota Pati dan mengambil lokasi yang sama di halaman GKMI Ebenhaezer. Namun untuk tahun ini, GKMI Ebenhaezer melalui Komisi Anak Sangkakala memberanikan diri untuk memprakarsai kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak dan Komisi Sekolah Minggu tersebut. Meskipun kecil dan masih berusia muda, namun gereja anggota PGMW – V ini rindu menjadi berkat bagi kota Pati tercinta melalui pembentukan karakter dan pembinaan iman anak-anak.

Setelah di buka dengan doa oleh Ketua Komisi Anak, Ibu Eveline Kurniawan, lebih dari 450 anak di dampingi para guru dari 30 gereja kemudian menyatukan hati menaikkan pujian bagi Allah di pandu oleh para worship leader : Ibu Meiske Hartono, Ibu Theresia Titik, Ibu Elizabeth Sulih dan Ibu Heni Lianita. Indahnya suasana Kerajaan Allah tercermin dalam kesatuan hasrat anak-anak polos yang haus akan Firman Tuhan dan  rindu menikmati hadirat-Nya. Dengan puji-pujian yang ceria-rekreatif, anak-anak bergandeng tangan dan menari bersama tanpa merasa malu meskipun mereka baru saling mengenal. “Bagaikan roti dan mentega”, demikian gema kebersamaan di kumandangkan anak-anak “Sangkakala” GKMI Ebenhaezer melalui persembahan pujian yang diikuti serentak oleh seluruh anak yang hadir. Sungguh sangat membanggakan dan mengharukan menyaksikan anak-anak kemuliaan ini begitu rukun dan tulus menjalin persahabatan.

Di sinilah asa besar untuk membentuk anak-anak pembawa damai (Kid’s 4 peace) mengalir lugas melalui Firman Tuhan yang disampaikan dengan sangat ekspresif, atraktif dan komunikatif oleh Pdt.Drs.Paulus Lie, STh.M.Min. Hamba Tuhan yang dikenal sebagai “Pendeta Sekolah Minggu” dan merupakan salah satu pembicara utama dalam ajang konperensi Nasional Guru Sekolah Minggu “Future Impact 2012” Sinode GKMI ini benar-benar mampu memikat perhatian ratusan anak dan menggerakkan kesadaran responsif terhadap nilai-nilai kebenaran yang diajarkan oleh Firman Tuhan bahwasanya mereka adalah anak-anak yang diciptakan Allah dengan begitu mulia dan berharga,  dan Allah memiliki tujuan yang indah atas hidup mereka untuk kemuliaan Allah. Mereka adalah Generasi Kemuliaan untuk membangun masa depan keluarga, gereja dan bangsa yang berkenan di hadapan-Nya. Terbawa oleh alur cerita, seorang anak sempat berkomentar “aku bueenci sekali sama orang itu, kok jahat sekali” ketika melihat sosok “raja dusta” yang diperankan oleh Bp.Pdt.Paulus Lie, sementara pada saat yang lain ia juga mengagumi karakter mulia yang dinampakkan tokoh lain yang juga diperankan oleh Hamba Tuhan tersebut, dan mendorong anak memberikan respon bahkan komitmen untuk memiliki karakter-karakter yang indah dan mulia tersebut.


KKR yang berlangsung 2 jam ini berjalan dengan lancar dan tertib. Semua Guru Sekolah Minggu GKMI Ebenhaezer berperan aktif dalam menolong dan melayani anak-anak agar Firman Tuhan tidak terbuang sia-sia. Dukungan masyarakat sekitar gereja pun sangat positif dengan mengirimkan tenaga-tenaga keamanan yang menjaga situasi kondusif di luar halaman gereja. Namun “tiada pesta yang tak berakhir”, demikian pula dengan pesta rohani bersama ini. Usai KKR, dengan wajah penuh sukacita anak-anak berpisah dan kembali ke gereja masing-masing sebagai Generasi Kemuliaan - “Kid’s 4 peace” yang mulia dan memuliakan Tuhan.
 
SEMINAR GURU SEKOLAH MINGGU
Pada pagi, hari yang sama 27 Juli 2012, Panitia KKR Anak juga telah mempersiapkan para guru masing-masing gereja agar dapat menindaklanjuti dalam membangun kehidupan rohani anak-anak Sekolah Minggu melalui ajang “Seminar Guru Sekolah Minggu se-kota Pati” dengan thema “Mengembangkan seni dan kreatifitas mengajar Sekolah Minggu”. Lebih dari 80 guru Sekolah Minggu dari berbagai interdenominasi di berkati melalui materi ceramah dan dialog yang dipimpin oleh Bp.Pdt.Paulus Lie. Nara sumber yang sekaligus Gembala Jemaat GKI Gejayan Yogyakarta dan penulis dari beberapa buku pegangan Sekolah Minggu seperti “Mengajar Sekolah Minggu Yang Kreatif” (1997), Tekhnik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu (1999), Metode anak aktif dalam bercerita dan membaca Alkitab (2001), Mereformasi Sekolah Minggu (2003) dll, benar-benar membagikan pengalaman dan “sebagian ilmunya” untuk memperkaya para Guru Sekolah Minggu.
Dalam sambutannya, Ibu Catur S.Mulyantini,S.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksana mengutarakan harapan agar melalui ceramah ini gereja-gereja dapat memberikan perhatian yang lebih serius bagi upaya pendidikan spiritual anak-anak melalui Sekolah Minggu, sehingga mereka lebih tertarik untuk menghadiri kelas Sekolah Minggu dan mendengar Firman lebih daripada kegiatan lain di luar gereja. Jumlah peserta seminar memang di batasi oleh Panitia dengan mempertimbangkan keterbatasan ruang dan demi efektifitas dalam ceramah/tanya jawab. Di samping itu, para peserta di harapkan dapat berbagi pengetahuan dengan guru-guru lain yang tidak ikut hadir dalam ceramah tersebut sehingga merekapun akan diperkaya dalam metode pengajaran dan termotivasi dalam kesungguhan membimbing anak-anak di Sekolah Minggu masing-masing.


Memoar of Juli 27, 2012
Ebenhaezer
From the desk of  Daniel Lauw


@ Pindahan dari blog Nuansa Iman GKMI Ebenhaezer, tgl.6 Juni 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar